Post #15 – Menjadi Seorang Social Entrepreneur Bersama #QuammaProject

Categories Diary, Personal

Apakah kamu punya sebuah ‘penyakit’ bernama ‘hero syndrome’?

Itu lho. Saat ada suatu masalah, kamu ingin jadi salah satu orang pertama yang lompat dan membantu, menyelesaikan apapun masalah itu.

 

On the bright side you are always this good guy. On the darker side you can be used by other people, tricked into taking up responsibilities over things which originally not yours to begin with.

 

‘Kelemahan’ ini bisa banget lho ditransformasi jadi sesuatu yang konkrit. Kendaraan itu bernama ‘social enterprise’. Bukankah ideal dan mimpi jadi kenyataan banget kalau kita bisa hidup dengan cara menolong orang banyak?

 

Terminologi ‘social enterpise’ memang lagi hot. Masalahnya bantuin orang itu OK. Tapi kalo gak punya duitnya, gimana mau bantuin orang juga. Social impact yang kita inginkan gak bisa bertahan lama kalau tidak ada sumber daya yang memadai. Tsah!

 

Social enterprise’ ini pun punya spektrum yang luas. Mulai dari organisasi seperti yayasan yang beroperasi sebagai organisasi nirlaba alias non profit; hingga perusahaan yagn menggelar kegiatan CSR. Di Indonesia belum ada badan hukum khusus untuk hybrid semacam social enterprise yang sifatnya sosial dengan tetap mendulang keuntungan. Jadi kita masih perlu memikirkan, condong kiri atau condong kanan nih?

 

Berikut ini adalah beberapa artikel yang bisa jadi titik awal okey banget untuk memulai kegiatan dengan ‘social enterprise’ yang kamu mau.

 

5 Things to ConsiderWhen You Start a Non Profit ;  https://www.entrepreneur.com/amphtml/298644

Should You Structure Your Business as A Non Profit?  ; https://www.entrepreneur.com/article/244865

When It Makes Sense to Turn a Passion Project Into a Nonprofit ; https://www.entrepreneur.com/article/247447

6 Fundraising Success Strategies for Your Non Profit ; https://www.entrepreneur.com/article/233136

 

Rangkuman artikel-artikel di atas kira-kira begini:

  • Seperti juga semua bisnis lain, bikin ‘social enterprise’ juga tetap butuh model bisnis.
  • Ada perbedaan operasional antara organisasi profit dan organisasi non profit – terutama efek pada perpajakan.
  • Pikirkan 2 hal penting dalam ‘social enterprise’ : scope dan funding
  • Pilihan pembiayaan ‘social enterprise’ cukup luas, mulai dari donasi, membership hingga berjualan  merchandise.
  • Jadi kamu mau bikin ‘social enterprise’ apa?

 

Menjadi Jagoan Finansial di TPN 2016 / #quammaproject

 

Saya pun sedang berupaya membuat sebuah ‘social enterprise’. Awalnya dari kegiatan pelatihan QM Financial yang banyak pergi ke perusahaan-perusahaan dan bertemu dengan banyak karyawan yang kelas menengah bersama permasalahan gaya hidup. Sekitar 4 tahun yang lalu, kami berkesempatan mendapatkan proyek pelatihan untuk pengungsi. Kegiatan itu berkesan banget sampai saya berkesimpulan, yang butuh pelatihan gini kan gak cuma kelas menengah yah! Maka kami pun mengupayakan agar orang-orang yang punya akses terbatas pada kegiatan pelatihan literasi finansial bisa punya kesempatan yang sama!

 

Lahirlah #QuammaProject.

Sejak itu kami pun mulai dengan kegiatan tambahan yang sifatnya lebih sosial. Kami menggelar Financial Clinic dengan judul Asisten Rumah Tangga Pintar Keuangan. Kami pun bergandengan tangan dengan Program Mandiri Sahabatku untuk mengadakan pelatihan bagi para TKI alias buruh migran Indonesia.

 

Pak Rif’an Guru Jagoan Finansial / #quammaproject

 

Program terkini yang sedang digelar adalah kelas pelatihan Menjadi Jagoan Finansial (MJF). Ini program khusus guru yang didesain agar para guru dapat melaksanakan program literasi finansial bersama peserta didik. Seru banget lho. MJF pertama kami adakan di Temu Pendidik Nasional tahun 2016. Sudah ada Guru Jagoan Finansial yang pertama, bernama Pak Rif’an di Lampung Utara. Kami begitu terinspirasi atas kegigihan Pak Rif’an dan bercita-cita untuk dapat bertemu lebih banyak guru agar lebih banyak peserta didik yang mendapatkan akses pada kegiatan literasi finansial.

 

Kalau kamu mau ikutan, kelas MJF di Jakarta akan segera hadir pada Sabtu, 26 Agustus 2017. Tempat kami terbatas, jadi segeralah mendaftarkan diri ke WA 08111500688.

 

Info lebih lanjut tentang #QuammaProject ada di sini: www.quamma.org.

Mau jadi social entrepreneur? Ayo berbenah. Jangan lupa kalau ini gak bisa kamu kerjakan sendirian. Mari bergandengan tangan. Berkolaborasi.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *