Financial Inclusion Untuk Mendukung Ekonomi Negeri

Categories Others

Saya selalu happy mendukung program Financial Inclusion!

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Dengan 17.504 pulau, tentu jangkauan menjadi salah satu masalah tersendiri. Ternyata masih banyak masyarakat yang belum punya rekening bank. Ini artinya Financial Inclusion menjadi hal yang sangat penting.

Financial Inclusion adalah suatu gerakan yang berupaya untuk membuka akses layanan perbankan yang seluas-luasnya bagi masyarakat khususnya yang sampai saat ini belum memanfaatkan jasa layanan perbankan.

Bagaimana caranya menjangkau masyarakat Indonesia di seluruh pelosok negeri? Awal minggu ini, Pak Indra Utoyo, Direktur IT & Operasi BRI menjelaskan bagaimana BRI menjangkau Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat luas. Berbagai program telah dijalankan oleh BRI, diantaranya Agen BRILink dan Teras BRI.

Agen BRILink merupakan perpanjangan tangan dari BRI untuk nasabah melakukan berbagai transaksi perbankan mulai dari setor dan tarik tunai, pembayaran listrik, pembelian pulsa dan lain-lain. Jadi, nasabah gak perlu jauh-jauh ke kantor cabang untuk bertransaksi. Nasabah bisa melakukan transaksi perbankan dengan tetangga sendiri sehingga tidak ada kecanggungan untuk mulai mengenal perbankan. Bahkan layanannya kadang bisa diakses 24 jam, karena tinggal ketuk pintu saja.

Sedangkan Teras BRI adalah semacam kantor kas pembantu yang posisinya di bawah unit BRI. Tak hanya berupa kantor, ada juga Teras BRI Keliling yang hadir dalam bentuk mobil untuk mendatangi langsung nasabah dan Teras BRI Kapal yang menyasar daerah pesisir kepulauan. Benar-benar menjangkau seluruh pelosok negeri!

Semua kemudahan transaksi perbankan BRI dimungkinkan karena hadirnya BRIsat. Satelit BRI inilah yang menjaga stabilitas dan penyebaran koneksi yang mampu menjangkau wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) Indonesia. Ini adalah bagian penting program BRI mendukung upaya Financial Inclusion sampai ke pedalaman.

Dengan berbagai program Financial Inclusion tersebut, kini BRI mampu menjangkau sekitar 80 juta orang nasabah atau sepertiga dari jumlah penduduk Indonesia. Jumlah ini termasuk nasabah di wilayah 3T.

Saya percaya potensi untuk berkembang itu ada dalam diri setiap masyarakat Indonesia. Mereka hanya perlu diberi kesempatan. Dengan kemudahan transaksi perbankan dari BRI – termasuk kegiatan simpan pinjam – ekonomi masyarakat akan mendapat kesempatan tumbuh, berkembang dan berkelanjutan untuk mendukung ekonomi negeri.

Financial Inclusion ini perlu terjadi untuk semua lapisan masyarakat. Saya tidak terbayang lho, betapa banyak kesempatan yang gagal terlaksana saat seseorang tidak memiliki rekening bank.

Apakah kamu juga punya kegiatan yang mendukung Financial Inclusion? Kita bisa mulai dengan mengajarkan asisten rumah tangga menabung dan mengajak anak mengerti cara kerja sebuah bank.

I stand for Financial Inclusion for all!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *